Selasa, 15 Februari 2011

Dell Tertarik Membeli AMD?


CALIFORNIA - Sebuah laporan di Barron, majalah keuangan Amerika Serikat (AS), menyebutkan kalau Dell tertarik untuk membeli Advanced Micro Devices (AMD).

Rumor tersebut disebut sebagai faktor AMD menaikkan harga saham sebesar 5 persen kemarin. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (16/2/2011).

"Tidak ada tim manajemen di sana," ujar Patrick Wang, analis dari Wedbush Securities.

Wang menyebutkan bahwa manajemen di AMD saat ini sedang vakum. Robert Rivet, Chief Operating Officer dan Marty Seyer, Strategy Head, pekan lalu mengumumkan kalau mereka meninggalkan AMD. CEO Dirk Meyer mengumumkan kalau pada tanggal 10 Januari ia juga akan meninggalkan AMD.

Sementara itu, Dell telah gagal menargetkan pendapatan untuk enam dari delapan kuartal terakhir, dan para analis sedang mengamati kemampuan dari perusahaan tersebut untuk menaikkan margin dengan biaya komponen yang lebih rendah. Dell diharapkan untuk melaporkan pendapatan kuartal ke empatnya setelah pasar ditutup hari ini. Dell kini memiliki sekira USD14 miliar di tangan.

Rob Enderle, analis dari Enderle Group, mengatakan bahwa rumor tersebut tidak masuk akal.

"Meskipun dengan membeli AMD akan memberikan Dell nilai lebih dari para pesaingnya, hal tersebut juga akan memotong ongkos produksi AMD, menghapus skala ekonomi. Secara matematis, tidak akan berhasil," jelas Enderle.
(srn)


sumber : Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone

Tidak ada komentar: